Aquaris E4.5 – Smartphone Ubuntu pertama kali di dunia segeradiluncurkan

Canonical yang merupakan produsen dari system operasi Ubuntu dikabarkan akan segera meluncurkan produk terbaru, smartphone dengan OS Ubuntu yang bakal menjadi salah satu smartphone dengan sistem operasi Ubuntu paling pertama kali di dunia. Diberi nama Aquaris E4.5 yang akan dikenalkan bulan ini di pasar Eropa.  

Aquaris E4.5 
Aquaris E4.5 dipersenjatai dengan prosesor MediaTek dengan kecepatan 1,3 GHz Quad-Core Cortex A7 serta didukung dengan memori RAM 1 GB. Luas layar 4,5 inci qHD dan ditanamkan juga kamera belakang resolusi 8 megapiksel berikut kamera depan 5 megapiksel sebagai kebutuhan untuk foto selfie maupun video call.

Smartphone Ubuntu Aquaris E4.5 ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB dan juga menerapkan fitur dual-SIM serta memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yakni 2.150 mAh.

Aquaris E4.5 diklaim sebagai salah satu titik penjualan terbesar untuk perangkat smartphone, karena menggunakan sistem dengan nama Scope. Scope sendiri adalah sebagai sistem yang dapat mengendalikan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Meskipun aplikasi HTML 5 adalah aplikasi tradisional dan hanya sebagai factor pendukung namun pihak Canonical juga mengklaim bahwa dengan menggunakan Scope system akan sangat menguntungkan dikarenakan tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam produksi.

Aquaris E4.5 dipasarkan dengan harga yang cukup murah, yakni pada kisaran harga Rp. 1,8 jutaan. Distributor GiffGaff di Inggris akan memasarkan Smartphone Ubuntu Aquaris E4.5 dibeberapa Negara Eropa.

Apakah nanti smartphone Ubuntu Aquaris E4.5 juga bisa dibeli di Indonesia?... kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Popular Posts