6 tips merawat baterai Smartphone agar tahan lama

Baterai merupakan salah satu elemen penting bagi Smartphone, tanpa memiliki baterai yang kuat maka sudah dipastikan smartphone akan menjadi berkurang dalam menjalankan fungsinya. Maka dari itu, para pengguna harus tahu bagaiamana cara merawat baterai smartphone yang benar agar baterai smartphone tersebut bisa digunakan lebih maksimal dan juga tahan lama.

Dan berikut ini adalah 6 tips merawat baterai smartphone yang benar. Mungkin dengan melakukan 6 cara ini smartphone Anda akan memiliki baterai yang kuat, tahan lama dan bisa bekerja secara maksimal.

Lakukan pengisian baterai beberapa kali dalam beberapa tahapan

Pengisian baterai smartphone jika digambarkan dalam kehidupan nyata, seseorang lebih baik melakukan lari sprint dalam beberapa sesi jika dibandingkan dengan berlari marathon dalam satu sesi. Begitu juga dengan baterai smartphone, agar sel yang ada pada baterai tidak muak dengan pengisian maka melakukan pengisian secara bertahap akan lebih baik daripada melakukan pengisian sekali saat daya baterai dibawah 5%. Mudahnya, isilah baterai dari 30% sampai 60% atau dari 40% sampai 75%. Dengan cara ini mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan smartphone tapi ketahuilah dengan menggunakan cara seperti diatas hasilnya akan membuat baterai smartphone bisa bertahan lama dan juga awet.

Jangan menunggu baterai benar-benar kosong baru diisi

Membiarkanya hingga benar-benar kosong akan menjadikan baterai smartphone menjadi lemah. Perlu diketahui bahwa ngecarge baterai smartphone dalam waktu yang lama itu sangat tidak baik dan juga tidak dianjurkan, apalagi membiarkan daya baterai benar-benar habis atau kosong. Jika kedua hal tersebut sering kali terjadi sudah bisa dipastikan ketahana baterai akan meurun secara perlahan. Dan lama-lama baterai smartphone akan cepat rusak atau ngedrop.


Lakukan pengisian saat daya baterai dibawah 40 persen

Baterai smartphone ketika masih memiliki daya 40 persen berada dalam kondisi seimbang, tidak terlalu penuh dan juga tidak kosong. Jadi pada saat tersebut jangan menekan sel baterai dengan melakukan pengisian daya. Tapi, lakukan pengisian baterai saat prosentase baterai mulai menurun hingga beberapa persen. Tapi perlu di ingat, jangan sampai mengisi baterai saat daya mendekati kosong karena bisa mengakibatkan baterai smartphone Anda akan menjadi lemah dan bisa jadi tidak awet.


Jauhkan baterai dari tempat yang memiliki suhu panas

Tahukah Anda bahwa ketahanan baterai smartphone akan akan berkurang jika diletakkan pada tempat yang memiliki suhu panas? Ya, baterai setidaknya akan kehilangan ketahanan sebanyak 80% jika ditempatkan pada temperatur 60 derajat selama setahun. Namun meskipun begitu ketahanan baterai juga akan berkurang secara alamiah setidaknya sebanyak 20% jika diletakkan pada suhu normal yakni 25 derajat.

Maka dari itu sebisa mungkin jauhkan baterai smartphone Anda dari suhu panas yang berlebihan agar baterai smartphone bisa bertahan lama.


Jauhkan baterai dari tempat yang memiliki suhu dingin

Jika meletakkan baterai di tempat yang memiliki suhu panas akan mengurangi ketahanan baterai smartphone, begitu juga dengan meletakkannya pada tempat yang memiliki suhu dingin. Jadi biar baterai smartphone yang Anda milki bisa bertahan lama dan awet maka hindari meletakkan baterai di tempat yang memilki suhu terlalu dingin.


Jangan terlalu lama membiarkan baterai dalam keadaan kosong

Dalam keadaan kosong baterai smartphone akan menjadi lemah dan tertidur. Jika tidak cepat-cepat dibangunkan maka akan menimbulkan efek yang sangat buruk, sel-sel yang terdapat pada baterai akan mengalami kehilangan kemampuan dalam menyerap daya dari alat pengisian. Jadi, untuk mengantisipasi dari hal-hal yang menyebabkan baterai tidak bertahan lama maka siap-siaplah untuk melakukan pengisian ulang saat kapasitas baterai berada pada 40 persen agar baterai tetap memiliki performa yang maksimal saat digunakan.

Itulah beberapa tips mudah merawat baterai smartphone agar menjadi awet dan tahan lama, semoga bermanfaat.

Popular Posts