Toilet Generasi Baru Di China


Toilet di China terkadang citranya buruk, kotor dan juga berbau. Sepertinya ingin mengubah citra tersebut, toilet generasi baru di kota Beijing tidak hanya super bersih, Tetapi juga dilengkapi fasilitas yang umumnya tidak ada di tempat buang air.

Tengok saja, persis di atas toilet ada televisi layar datar. Kalau mau berselancar di dunia maya, disediakan akses Wi-Fi. Kalau mau membeli minuman, ada mesin penjual minuman otomatis. Bahkan mesin ATM untuk menarik uang pun ada.


Tidak hanya sebatas itu. Di luar toilet, juga disediakan stasiun pengisi baterai listrik sepeda motor. Di China, sebagian besar sepeda motor memang memakai baterai, bukan bensin.
Toilet canggih perdana di Beijing ini berlokasi di distrik Fangshan dan peresmiannya dihadiri pejabat pemerintah setempat. Bentuk bangunannya malah mirip seperti convenience store, bukan umumnya toilet.


Desainernya berharap fasilitas toilet yang lapang dan lengkap ini akan menjadi salah satu tempat interaksi warga. 
Fasilitasnya yang lengkap terinspirasi dari toilet di Jepang yang terkenal bersih dan canggih.
"Kami juga akan mempelajari pengalaman Jepang dalam menyediakan fasilitas periksa di toilet, seperti pemeriksa tekanan darah, detak jantung dan urin," kata juru bicara toilet tersebut mengenai pengembangan toilet itu ke depannya.

Toilet serupa rencananya akan dibangun di lokasi lain di Beijing. Dan di masa depan juga di kota kota lainnya di seantero China.

Popular Posts