Firefox Akan Menjadi Browser Bawaan di Android Terbaru

Untuk lebih mengenalkan dalam hal pengalaman browsing website ke para pengguna mobile, Mozilla mulai bekerjasama dengan beberapa produsen perangkat mobile untuk menghadirkan Firefox for Android dalam perangkat mereka secara langsung/bawaan. Secara khusus, Mozilla juga bermitra dengan Kobo dan Gigabyte dalam menyematkan aplikasinya di perangkat tablet Kobo Arc dan smartphone Gigabyte GSmart Simba SX1.


Belum lama ini, Gigabyte sudah resmi mengumumkan produknya GSmart Simba SX1. Daalam smartphone ini tidak hanya memiliki fitur dual-SIM saja, tapi juga akan menjadi smartphone pertama yang mempunyai fitur built-in bicara tiga arah. Artinya, ketika pengguna sedang melakukan panggilan, pengguna tersebut juga bisa mengundang panggilan lain untuk ikut bergabung dan hingga menjadi tiga pembicaraan, uniknya tiga arah tersebut tanpa ada bantuan dari aplikasi khusus atau pengaturan operator. Smartphone ini juga didukung prosesor dual-core 1,4GHz dan menjalankan Android 4.2.

Sementara dari Kobo sudah terlebih dahulu meluncurkan lini tablet terbarunya pada bulan Agustus lalu. Di level pemula, Kobo Arc 7 ditenagai dengan prosesor MediaTek quad-core 1,2GHz dan menampilkan kelebaran layar selebar 7 inci 1.024 x 600. Sedangkan seri Kobo Arc 7HD memiliki ukuran yang sama tapi dengan spek lebih tinggi, yakni resolusi layar 1.920 x 1.200 dan ditenagai dengan prosesor Nvidia Tegra 3. Sedangkan tablet Kobo Arc 10HD memiliki layar 10 inci 2.560 x 1.600 dan dibenamkannya prosesor Nvidia Tegra 4 1,8GHz quad-core. Dan semua tablet besutan Kobo Arc ini sama-sama menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Firefox memiliki basis yang sangat besar di PC desktop, tapi punya rival kuat di Android. Di platform ini pada umumnya web browser Chrome milik perusahaan terbesar Google lebih sering digunakan karena menjadi browser bawaan standar.

Di Android, Firefox menawarkan fitur-fitur seperti halnya Reader yang bisa menyajikan konten dengan tampilan bersih serta bebas gangguan iklan.

Firefox for Android yang sudah terinstal langsung ini bisa sudah bisa ditemukan pada tablet Kobo Arc yang telah dijual di AS dan Kanada, serta Gigabyte Simba SX1 yang akan nantinya akan diluncurkan secara global bulan Desember 2013.

Popular Posts