Bagus mana antara Samsung Galaxy S6 dengan Sony Xperia Z3?

Keduanya sama-sama hadir sebagai ponsel pintar seri flagship, Sony Xperia Z3 dan juga Samsung Galaxy S6. Tentunya masing-masing didukung dengan berbagai fitur-fitur unggulan demi merayu para calon pembeli.


Meskipun Sony Xperia Z3 telah dirilis sejak bulan September tahun 2014, namun ternyata kehadiran smartphone tersebut tak bisa dianggap enteng. Karena ternyata Xperia Z3 memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6.

Perihal tersebut bisa terlihat dalam video perbandingan dari kedua smartphone Android kelas menengah atas yang diunggah di youtube.

Dan berikut ini adalah lima alasan mengapa Sony Xperia Z3 lebih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6.

Samsung Galaxy S6 vs Sony Xperia Z3

Antarmuka Android Lollipop Lebih Bagus

Sistem operasi Android lollipop yang digunakannya, Sony Xperia Z3 mampu mengimplementasikannya dengan lebih baik. Tampilan bar notifikasi yang ada pada Xperia Z3 tersebut tampil lebih menarik. Sedangkan tampulan menu pengaturan pada Z3 juga diimprovasi sehingga cukup terlihat lebih rapi, terlihat taka ada banyaknya menu dalam list setting pada Xperia Z3.

Sekarang beralih ke Samsung Galaxy S6, entah mengapa Samsung dalam memberikan tampilan pada ikon-ikon aplikasi smartphone unggulannya tersebut terlihat standar dan juga hambar. Antarmuka dengan menggunakan sistem Touchwiz juga membuat banyak fitur yang sebenarnya tidaklah terlalu penting atau dibutuhkan bagi para pengguna. Selain itu pada bar notifikasi juga terlihat begitu besar sehingga hamper menutupi sebagian besar layarnya.

Ruang penyimpanan atau Slot Micro SD

Untuk smartphone Android Samsung Galaxy S6 meskipun bisa dikatakan memiliki fitur-fitur yang gahar namun tidak dilengkapi dengan slot MicroSD, berbeda dengan Sony Xperia Z3 yang sudah dilengkapi dengan slot microSD yang terletak pada bagian sisi kanan handset. Meskipun seri Xperia Z3 hanya didukung dengan kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB, namun pengguna bisa menambahkan ruang penyimpanan dengan memanfaatkan slot microSD yang bisa diekspansi hingga 128 GB.

Teknologi Antiair dan Antidebu

Smartphone flagship Sony Xperia Z3 sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang membuat perangkat tersebut mampu bertahan di dalam air sampai kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Jadi pengguna Xperia Z3 tidak perlu merasa khawatir ketika ingin membawa smrtphone mereka pada saat mandi ataupun berenang selama masih kurang dari setengah jam. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S6 belum mendukung sertifikasi IP68.

Baterai Xperia Z3 Lebih Tahan Lama

Sekarang berpindah pada baterai. Baterai yang dibenamkan pada Sony Xperia Z3 mampu bertahan hidup hingga 2 hari. Pada saat penggunaan dioptimalkan, Xperia seri Z3 inipun masih mapu bertahan hidup selama empat samai enam jam. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S6 hanya memapu bertahan selama kurun waktu tiga sampai empat jam. Jika dengan menggunakan jaringan WiFi, baterai Xperia Z3 bahkan diklaim masih mampu bertahan hingga tujuh sampai delapan jam.

Bertahan lama maupun tidaknya pada Samsung Galaxy S6 dipengaruhi juga oleh jaringan yang tertangkap saat digunakan. Jika pengguna menggunakan jaringan 4G LTE maka baterai Galaxy S6 bisa bertahan selama 3,5 jam. Sedangkan saat berada dlam jangkauan WiFi maka smartphone Samsung Galaxy terbaru ini hanya mampu bertahan hidup selama 4,5 jam.

Sony PS4 Remote Play

Untuk smartphone Xperia Z3 sudah dilengkapi dengan perangkat kontrol game untuk playstation 4, yakni Sony PS4 Remote Play. Tapi jika pengguna ingin memanfaatkan fitur Sony PS4 Remote Play maka pengguna harus membeli doc PS4 secar terpisah terlebih dahulu.

Bagi pengguna yang tekoneksi dengan jaringan WiFi maupun jaringan Hotspot bisa memainkan game yang terdapat pada konsol game PS4 secara wireless melalui Sony Xperia Z3.

Itulah 5 keunggulan yang dimilki oleh Sony Xperia Z3 jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6. Jika Anda bertanya, bagus mana antara Samsung Galaxy S6 dengan Sony Xperia Z3?... Sony Xperia Z3 tentunya lebih unggul dalam beberapa fitur namun pilihan masih tetap ada pada diri Anda.

Popular Posts