Bulan Depan, AMD Radeon R7 Akan Hadir Di Indonesia

VGA card Radeon R7 merupakan keluarga kartu grafis AMD yang diperkenalkan pada bulan September ahir lalu. Produk baru yang mengusung sejumlah chip berlabel "R7" itu pun kini akan bersiap membanjiri pasar Indonesia.

Berdasarkan informasi dari pihak AMD Indonesia, Radeon R7 tersebut akan mulai tiba di Indonesia paling cepat pada akhir bulan Oktober dengan melalui sejumlah produsen kartu grafis rekanan AMD. Namun bisa Jadi, Radeon R7 sudah bisa dibeli konsumen pada pada bulan November mendatang.

Kabar gembira untuk pengguan produk-produk AMD Radeon, karena seri Radeon R7 tersebut yang pertama kali akan menyasar pangsa pasar dari kelas menengah-bawah, yaitu Radeon R7 240, R7 250, dan R7 260X.

Dari ketiga seri tersebut, Radeon R7 260X lah yang menduduki posisi tertinggi. Kartu grafis yang kisaran harganya berada di angka 139 dollar AS ini memiliki core "Bonaire" yang dipersenjatai 896 stream processor dengan kecepatan core hingga 1,1 GHz. Chip tersebut dipasangkan dengan memori GDDR5 128-bit berkapasitas 2 GB.

Meskipun masih mengusung desain dasar yang sama dengan Radeon HD 7790, Radeon R7 260X turut meminjam beberapa fitur yang hanya tersedia untuk seri Radeon R9 290 (Hawaii), termasuk juga dukungan teknologi AMD TrueAudio secara native (dalam bentuk core DSP terintegrasi) dan sistem manajemen daya yang sama dengan milik kartu grafis kelas atas tersebut.

Adapun Radeon R7 250 dan Radeon R7 240 keduanya diposisikan untuk segmen pasar yang tentunya lebih rendah, karena harga masing-masingnya hanya berkisar pada angka 89 dan 69 dollar AS.

Belum diketahui kabarnya kapan seri kartu grafis terbaru lainnya dari AMD -yaitu Radeon R9 280X dan Radeon R9 270X- akan memasuki segmen pasaran Indonesia. Dari perusahaan AMD sendiri belum merilis informasi resmi mengenai kartu grafis teratas dalam keluarga ini, yaitu Radeon R9 290X.

Popular Posts