Yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli Tablet

Jika dulu Smartphone mampu menguasai segmen pasar menengah keatas saat ini kedudukannya sedikit demi sedikit tergeser dengan datangnya Tablet. Tablet murah kini sudah bisa anda dapatkan di pasaran. Saat ini kebanyakan orang berlomba-lomba untuk memiliki tablet dan smartphone sudah mulai dianggap dengan hal biasa dan kebutuhan sehari-hari.

Survei ini dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2013 dan menunjukkan adanya peningkatan bagi pengguna tablet di Asia, termasuk di Indonesia. Hal ini didukung dengan riset yang dilakukan oleh perusahaan semikonduktor Intel yang telah menyebutkan bahwa akan terjadi peningkatan besar dalam setiap tahunnya yakni sebesar 38 persen (2013-2017) untuk segmen pasar tablet.

Banyaknya merek dan juga jenis tablet yang beredar di pasaran tentunya akan membuat Anda harus berhati-hati sebelum membelinya. Anda perlu memilih dan memilah tablet seperti apa yang paling tepat. Jangan sampai asal-asalan membeli dengan mengeluarkan budget jutaan rupiah akan tetapi tidak fungsional.


Nah, agar anda tidak salah dalam membeli Tablet, berikut ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memilih atau membeli tablet. 

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda
Pastikan tablet yang anda pilih merupakan tablet yang  mengakomodasi berbagai kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda memilih untuk membeli tablet dengan spesifikasi yang tinggi serta dilengkapi berbagai fitur terkini, namun ternyata kebutuhan Anda sebenarnya hanyalah sederhana. Ataupun sebaliknya, kebutuhan Anda kompleks, namunAnda membeli tablet dengan spesifikasi dan fiturnya sederhana. 

2. Dimensi Layar
Tablet yang beredar di pasaran memiliki dimensi layar yang bervariasi, mulai dari 5 inci hungga ada yang 10,1 inci. Namun bila Anda menginginkan tablet yang praktis serta mudah disimpan, semakin kecil dimensi layarnya maka akan semakin bagus. Akan tetapi berbeda lagi, bila kebutuhan Anda adalah membaca e-book ataupun majalah digital, semakin besar dimensinya maka akan semakin bagus pula buat Anda. 

3. Prosesor yang Kuat
Seperti halnya manusia yang memiliki otak, gadget juga punya otak yaitu prosesor. Berkat adanya prosesor ini, sebuah gadget mampu mengerti berbagai instruksi yang Anda berikan, contohnya ketika anda menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu, menjelajahi internet dengan lancar, melihat foto-foto keluarga dan kerabat, atau menonton video dan bermain game.

Kemudahan dalam menggunakan tablet didapatkan berkat prosesor di dalamnya. Pilihlah tablet dengan prosesor yang memberikan pengalaman komputerisasi yang cepat, kinerja stabil, serta kombinasi yang pas antara performa, daya tahan baterai, grafis, serta fitur yang kaya. 

4. Daya Tahan Baterai
Perhatikan kualitas dan kuantitas baterai, karena tablet merupakan handset dengan banyak daya. Pilih tablet dengan daya tahan baterai yang lama. Tidak hanya itu, prosesor pun berpengaruh besar terhadap konsumsi energi sebuah perangkat.

Di pasaran, saat ini sudah tersedia tablet yang berdaya tahan lebih dari 10 jam pemakaian dan tiga minggu dalam keadaan standby. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika charger tertinggal di rumah seharian. 

5. Grafis      
Jika Anda gemar bermain game, pilih tablet dengan performa grafis terbaik untuk memberikan pengalaman bermain game yang lancar. Grafis yang baik juga diperlukan untuk menonton film di tablet tanpa gangguan. 

6.Konektivitas    
Fitur konektivitas merupakan bagian yang penting dari sebuah tablet. Penggunaan sebuah tablet Android tentu akan terasa hambar jika tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Beberapa tablet kini menawarkan 4G LTE sehingga Anda dapat merasakan kenyamanan dan kecepatan dalam menggunakan internet.

Meskipun ada tablet yang menawarkan koneksi melalui jaringan Wi-Fi, namun terkadang tidak akan berguna karena jauh dari area hotspot, free Wi-Fi dan sebagainya. Jadi akan lebih nyaman bila Anda memilih untuk membeli tablet yang sudah dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap.

Mungkin masih banyak sekali tips membeli tablet, namun setidaknya dengan beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum membeli tablet diatas setidaknya bisa membuat Anda sedikit tahu apa yang harus Anda lakukan.

Popular Posts