Android M akan hadir lebih hemat RAM dan baterai

Saat ini memiliki HP android sudah menjadi hal yang sangat umum dan biasa baik itu di kalangan menegah keatas maupun kebawah. Apalagi disusul dengan perang harga di pasar smartphone yang begitu sengit sehingga semakin hari HP berbasis Android semakin murah untuk dibeli.

Baca juga : 5 Smartphone Android murah paling laris di pasaran

Namun sayang kebanyakan para pemilik smartphone android sampai saat ini dikeluhkan dengan borosnya penggunaan RAM ataupun baterai, dikarenakan banyaknya aplikasi yang harus dijalankan secara terus menerus tanpa henti kecuali dalam keadaan mati. Apalagi HP android dengan harga murah dengan fitur melimpah.

Mungkin ini adalah solusi cerdas sebagai upaya bagi produsen OS Android agar tidak kehilangan para penggemarnya, dimana pengguna OS lain seperti Microsoft maupun iPhone juga semakin meluas. Karena sistem operasi android terbaru bakal diluncurkan oleh Google yang tentunya akan menjadi angin segar bagi para pengguna android yang sering dikeluhkan dengan masalah baterai maupun RAM yang sangat boros.

Android M

Sistem operasi terbaru ini diberi naman Android M yang rencananya akan segera diluncurkan secara resmi dalam Konferensi Google I/O dimana OS Android M ini akan fokus memberikan efisiensi RAM dan daya baterai bagi smartphone.

Seperti yang diberitakan di laman Phone Arena, Rabu (27/5/2015), Android M yang belakangan dikaitkan sebagai Android Macadamia Nut Cookie sudah santer diberitakan dan akan berkonsentrasi untuk optimasi penggunaan RAM dan baterai pada smartphone. Sekedar informasi, bahwa rencana efisiensi daya tahan baterai bukanlah kali ini saja menjadi fokus utama Google untuk OS terbarunya.

Sebagai informasi tambahan, bahwa saat merilis Android Lollipop secara resmi, raksasa perusahaan asal California itu juga mengusung fitur terbaru dengan nama Project Volta, dimana dengan adanya fitur tersebut diklaim mampu memperpanjang masa hidup baterai. Namun sayang, sebagian pihak menilai bahwa Project Volta ternyata kurang berhasil diterapkan pada sistem operasi Android Lollipop.

Rencananya, Google akan menjadikan Android M lebih efisien dalam menggunakan RAM dengan cara mengurangi aktivitas layar pada saat ponsel dalam keadaan tidak aktif. Sedangkan peningkatan untuk daya tahan baterai akan dilakukan dengan cara menghilangkan beberapa fitur yang terhubung dengan GPS.

Untuk peluncuran Android versi terbaru, Android M tersebut dikabarkan akan hadir dan diperkenalkan pihak Google pada acara I/O yang diselenggarakan 28 hingga 29 Mei 2015.

Popular Posts